No | PROFIL | RUMUSAN CAPAIAN | |||
SIKAP | KETERAMPILAN UMUM | KETERAMPILAN KHUSUS | PENGUASAAN PENGETAHUAN | ||
1 | Narasumber bidang arsitektur yang unggul | 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. | 1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan disain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi. | 1. Mampu melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu arsitektur dan penerapannya. | 1. Menguasai ilmu pengetahuan bidang arsitektur dan teknologi arsitektur (teori, metode dan teknik). |
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | 2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. | 2. Mampu menerapkan teori dan teknik-teknik mutakhir dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pembangunan fisik di perkotaan. | 2. Menguasai tentang visualisasi dengan cara menginformatifkan pengaruh dan penggunaan teori-teori arsitektur dalam melakukan suatu tinjauan. | ||
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradapan berdasarkan Pancasila. | 3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. | 3. Mampu mengevaluasi berbagai kecenderungan gejala perubahan arsitektur lokal dalam kaitan perubahan sosial dan kultural masyarakat dan prediksi serta antisipasi perkembangan arsitektur pada masa mendatang. | 3. Menguasai berbagai metoda evaluasi gejala perubahan arsitektur lokal serta mengantisipasi perkembangan arsitektur pada masa mendatang. | ||
4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | 4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner. | ||||
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | 5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data. | ||||
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. | 6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat didalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. | ||||
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | 7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri. | ||||
8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik. | 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||||
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. | |||||
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. | |||||
2 | Enterpreuner bidang arsitektur yang mandiri. | 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. | 1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan disain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi. | 1. Mampu menemukan inovasi-inovasi baru dalam bidang pengembangan ilmu arsitektur dan penerapannya. | 1. Menguasai perancangan dengan titik berat permasalahan eksplorasi permasalahan sosial, budaya, etnik, dan perilaku masyarakat lokal. |
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | 2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. | 2. Mampu mengidentifikasi kearifan lokal pada skala nasional, regional maupun sektoral. | 3. Menguasai nilai-nilai arsitektur lokal dalam konteks kekinian. | ||
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradapan berdasarkan Pancasila. | 3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. | 3. Mampu mengevaluasi proses interaksi antara manusia dan lingkungannya, terutama pada pembentukan ruang yang bersifat tradisional (vernacular), serta mampu memberikan gambaran yang jelas tentang letak yang tepat bagi Arsitektur Vernakular di dalam kedudukan yang lebih luas terutama lingkup Arsitektur Nusantara. | 3. Menguasai pengetahuan tentang integritas fenomena sosial, kultural, fisikal dalam pembentukan ruang (space formation) pada proses interaksi antara manusia dan lingkungannya, terutama pada pembentukan ruang yang bersifat tradisional (vernacular), serta mampu memberikan gambaran yang jelas tentang letak yang tepat bagi Arsitektur Vernakular di dalam kedudukan yang lebih luas terutama lingkup Arsitektur Nusantara. | ||
4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | 4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner. | 4. Mampu melakukan studi konfigurasi bentuk di dalam arsitektur. | 4. Menguasai pengetahuan tentang pembentukan ruang (space formation) dan sebagai studi konfigurasi bentuk di dalam arsitektur. | ||
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | 5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data. | ||||
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. | 6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat didalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. | ||||
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | 7. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat didalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. | ||||
8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | 8. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri. | ||||
9. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik. | 10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||||
10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. | |||||
11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. | |||||
3 | Peneliti bidang arsitektur | 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. | 1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan disain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi. | 1. Mampu melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu arsitektur, perencanaan dan perancangan kota. | 1. Menguasai ilmu metodologi penelitian pada bidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota. |
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | 2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. | 2. Menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan, integrasi aspek-aspek ekologi, ekonomi dan social dalam pembangunan berkelanjutan. | 2. Menguasai ilmu arsitektur, perencanaan kota dan perancangan kota dalam konteks keberlanjutan lingkungan pada skala mikro, meso dan makkro di perkotaan | ||
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradapan berdasarkan Pancasila | 3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. | 3. Mampu mengidentifikasi permasalahan sosial di perkotaan yang dilihat dari perspektif masyarakat sebagai subjek dengan penekanan pada keterlibatan, partisipasi, dan keberdayaan masyarakat kota. | 3. Menguasai pengetahuan tentang sosiologi masyarakat perkotaan dan masalah-masalah kontemporer yang timbul dalam pembangunan kota. | ||
4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | 4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner. | ||||
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | 5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data. | ||||
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. | 6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat didalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. | ||||
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | 7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri. | ||||
8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik. | 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||||
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. | |||||
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |