Tentang Program Studi

PROGRAM DOKTOR ILMU ARSITEKTUR DAN PERKOTAAN

 

SEJARAH SINGKAT

  1. Kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasi Doktor dalam bidang Arsitektur dan Perencanaan. Kualifikasi Doktor sangat dibutuhkan terutama untuk peningkatan kualitas pendidikan dan menghasilkan produk-produk penelitian dan publikasi ilmiah berskala internasional. Bagi suatu perguruan tinggi tentunya akan meningkatkan kualitas alumni yang dihasilkan dan mengangkat peringkat instusi tersebut. Bagi stakeholder pengelola kota dan kabupaten,  kualifikasi Doktor sangat dibutuhkan dalam riset dan pengembangan dan peneliti berkualifikasi Doktor pada tingkat universitas merupakan sinergi yang luar biasa dalam menghasilkan riset terbaru dan pemecahan berbagai masalah yang dihadapi pengelola kota dan kabupaten.
  2. Permintaan masyarakat, karena pada saat ini SDM yang berkualifikasi Doktor dalam bidang Arsitektur dan Perencanaan masih sangat sedikit. Sementara jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah membuka program Doktor masih sangat sedikit, bahkan di Sumatera belum ada Perguruan tinggi yang membuka program Doktor bidang Arsitektur dan Perencanaan. Sebagai pertimbangan, hampir semua Perguruan Tinggi negeri di Indonesia telah membuka program S1 bidang Arsitektur dan Perencanaan dan Program Magister Arsitektur dan Perencanaan baru satu-satunya dibuka di Program Doktor di Fakultas Teknik USU.
  3. PP No. 60 tahun 1999, PP No. 57 tahun 1998, dan KPPTJP 1996 - 2005 mengenai program Pascasarjana dalam negeri.
  4. USU telah mempunyai pengalaman yang cukup lama dalam menyelenggarakan program S2 dalam berbagai bidang, 7 (tujuh) Program S3 dan telah berhasil dengan baik karena didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan sistem penjaminan mutu internal yang telah terintegrasi.
  5. Adanya permintaan dan staf pengajar yang bertugas di perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk lebih meningkatkan mutu akademis dan mutu penelitian, begitu juga instansi pemerintah untuk lebih meningkatkan mutu SDM-nya dalam rangka percepatan pembangunan di daerahnya khususnya di bidang Arsitektur dan Perencanaan.
  6. Mempunyai karakteristik yang khas dengan mengacu pada Visi dan Misi Univeristas Sumater Utara yaitu University for Industry, dimana peran Arsitektur dan Perencanaan yang sedang dikembangkan sangat dibutuhkan.
  7. Adanya rencana strategis pengembangan Departemen Arsitektur USU menjadi Fakultas Arsitektur dan Perencanaan.

 

VISI

Menjadi Program Doktor Ilmu Arsitektur dan Perkotaan yang unggul, diakui secara nasional  dan internasional serta mampu berperan aktif dalam pengembangan riset dan pengembangan persoalan lingkung bangun dan perkotaan.

 

MISI

  1. Membawa program doktoral sebagai suatu lembaga pendidikan pascasarjana yang memiliki ciri khas dalam penelitian arsitektur dan perkotaan yang sejalan dengan misi Universitas  Sumatera Utara menjadi University for Industry;
  2. Menghasilkan lulusan S3 dengan tingkat berpikir kritis, menulis ilmiah dan memahami masalah keprofesian.

 

TUJUAN

  1. Berbudi luhur serta memahami/memiliki komitmen terhadap etika dan profesi;
  2. Memiliki kemampuan dan kemauan untuk belajar sepanjang hayat;
  3. Mampu mengomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya dengan efektif, secara lisan maupun tulisan, dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris secara baik dan benar;
  4. Mampu berperan efektif baik sebagai individu maupun dalam kelompok multi disiplin/budaya;
  5. Memahami kewirausahaan dan proses untuk menghasilkan inovasi;
  6. Mampu menerapkan pengetahuan ilmu Arsitektur dan Perencanaan dan pengetahuan lainnya untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah-masalah Arsitektur dan Perencanaan dan/atau yang terkait dengannya;
  7. Mampu menggunakan kemampuan eksperimental dalam menganalisa permasalahan yang berhubungan dengan kekhususan Arsitektur dan Perencanaan yang didalaminya;
  8. Memiliki kepakaran khusus dalam bidang yang dipilih dalam riset yang dipilihnya;
  9. Mampu memanfaatkan metode, ketrampilan, dan peralatan teknik modern, yang diperlukan untuk pekerjaan teknik.