VISI

Menjadikan Program Studi Magister Teknik Arsitektur pada Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara untuk turut berperan secara aktif dalam menyiapkan pelaku pembangunan fisik (langsung maupun tidak langsung) dalam bidang arsitektur dan perkotaan yang amat dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan dan kondisi kota Medan dan kota-kota di beberapa kabupaten di Sumatera pada masa yang akan datang.

STRUKTUR ORGANISASI

 

Ketua Program Studi: Ir. Nurlisa Ginting, M.Sc, PhD, IPM

Administrasi Akademik, dan Keuangan: Novi Yanthi

 

 

VISI

Menjadi Program Magister Teknik Arsitektur yang Mampu Bersaing secara Global dan unggul dalam Pengembangan Ipteks dan Riset terapan berbasis kearifan lokal, pada tahun 2021.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dalam pendidikan Pasca Sarjana Arsitektur dan Manajemen Pembangunan Kota untuk mengembangkan Ipteks dan Riset terapan berbasis kearifan lokal yang berkarakter BINTANG (Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Inovatif yang berintegritas; serta Tangguh dan arif) dalam rangka mengembangkan ipteks dan riset terapan.
  2. Mengembangkan riset terapan yang inovatif secara progresif dalam rangka  mengembangkan karakter peneliti yang profesional pada bidang pengembangan Ipteks Ilmu Arsitektur dan Manajemen Pembangunan Kota berbasis bidang Tropical Science , Agroindustry, Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic).
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui kelompok bidang keahlian dan penelitian ilmu arsitektur serta Manajemen Pembangunan Kota yang berkomitmen mengembangkan ipteks dan riset terapan berbasis bidang Tropical  Science , Agroindustry, Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic), serta menerapkan penggunaannya untuk meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat.
  4. Menciptakan lulusan Pasca Sarjana yang siap menjadi ahli dan peneliti dalam bidang arsitektur dan manajemen pembangunan kota dalam unggulan kompetitif bidang Tropical  Science, Agroindustry, Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic).
  5. Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah untuk menghasilkan regulasi (hasil riset terapan mengenai kebijakan /politik sosial, budaya, ekonomi, fisik dan lingkungan) bidang  Arsitektur, Perencanaan pembangunan, dan kebijakan perkotaan.

 

 

TUJUAN

  1. Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU menjadi Pusat Riset dalam bidang ilmu Arsitektur dan Manajemen Pembangunan Kota di daerah Sumatera dan Indonesia pada umumnya.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dan penelitian dalam bidang ilmu arsitektur dan Manajemen Pembangunan Kota.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan Arsitektur dan Manajemen Pembangunan Kota yang dapat diterapkan dalam pembangunan di daerah Sumatera dan Indonesia pada umumnya.
  4. Mengimplementasikan karya ilmiah dan hasil penelitian dalam bidang arsitektur dan Manajemen Pembangunan Kota sebagai upaya meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat di Sumatera dan Indonesia pada umumnya.
  5. Mewujudkan kemandirian yang adaptif, kreatif, dan proaktif terhadap tuntutan masyarakat dan tantangan baik dalam bidang arsitektur maupun Manajemen Pembangunan Kota secara nasional maupun internasional.
  6. Meningkatkan kualitas manajemen pembelajaran di Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU serta kerja sama nasional dan internasional secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan.

 

 


SEJARAH SINGKAT

Program Studi Magister Teknik Arsitektur  USU pada mulanya merupakan lembaga yang berada dalam naungan Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Program Studi Magister Teknik Arsitektur Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara mulai berdiri sejak tahun 2002 dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi-Departemen Pendidikan Nasional No. 3091/D/T/2001 tanggal 26 September 2001.

Ketua dan Sekretaris Program Studi adalah pejabat yang diangkat untuk mengelola kegiatan Program Studi Magister Teknik Arsitektur pada Sekolah Pascasarjana USU. Kualifikasi Ketua dan Sekretaris Program Studi berdasarkan ketentuan yang berlaku di USU dan diangkat oleh Rektor USU. Untuk pengangkatan Ketua dan Sekretaris Program Magister Teknik Arsitektur Sekolah Pascasarjana USU pada mulanya melalui SK Rektor No. 1043/JO5/SK/KP/2002. Dalam melaksanakan tugasnya, Ketua dibantu Sekretaris Program Studi yang berfungsi terutama di bidang administrasi pendidikan, umum dan keuangan. Selanjutnya pada tahun 2009 Program Studi Magister Teknik Arsitektur pada Sekolah Pascasarjana-USU dialihkan ke Fakultas Teknik USU. Adapun pengalihan pengelolaan Program Studi Magister Teknik Arsitektur Sekolah Pascasarjana-USU ke Fakultas Teknik USU berdasarkan SK Rektor USU 17017/H5.I.R/SK/SPB/2009. Berdasarkan sistem pengelolaan yang baru dibawah Fakultas Teknik USU tersebut, maka pemilihan Ketua dan Sekretaris baru dilakukan berdasarkan SK 2986/H5.1.R/SK/SDM/2010.

Penetapan kurikulum Program Studi Magister Teknik Arsitektur pada Sekolah Pascasarjana-USU dilaksanakan berdasarkan SK Rektor Universitas Sumatera Utara No.871/JO5/SK/PP/2006. Penetapan kurikulum Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU mengalami perubahan lagi  berdasarkkan SK Rektor Universitas Sumatera Utara No. 898/H5.1.R/SK/TPM/KRK/2009. SK terakhir ini juga dilaksanakan ketika Program Studi Magister Teknik Arsitektur masih berada dalam naungan lembaga Sekolah Pasca Sarjana USU. SK Rektor Universitas Sumatera Utara No. 898/H5.1.R/SK/TPM/KRK/2009 adalah SK terakhir yang digunakan oleh Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU. Berdasarkan SK terakhir tersebut diterangkan bahwa kurikulum Program Studi Magister Teknik Arsitektur  USU terdiri dari kurikulum bidang kekhususan Studi-Studi Arsitektur yang terdiri dari 38 SKS. Selain itu juga ada kurikulum bidang kekhususan Manajemen Pembangunan Kota yang terdiri dari 42 SKS. Selanjutnya kurikulum Program Pendidikan Profesi di bawah bidang kekhususan Studi-Studi Arsitektur  terdiri dari 47 SKS. Adapun kurikulum Program Profesi ini dapat dilaksanakan selama 2 semester terdiri dari 20 SKS. Kurikulum tersebut dinamakan kurikulum pendidikan profesi - Non Gelar. Pendidikan Profesi dilaksanakan melalui kerja sama dengan IAI dan Program Studi Magister Teknik Arsitektur yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2005. Perjanjian kerja sama tersebut dilakukan berdasarkan perjanjian No. 003/MOU/IAI/VII/2005 dan No. 3722/J05/KS/2005. Demikianlah Eligibilitas diatas dijelaskan dan dilaksanakan oleh Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU.

Mulai tahun 2006 hingga sekarang Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU merencanakan evaluasi manajemen proses belajar mengajar secara berkelanjutan. Dalam program kerjanya, Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU berusaha untuk memproduksi sumberdaya manusia yang tidak hanya menguasai teori Arsitektur, Perencanaan dan Perancangan Kota tetapi juga mampu menyelesaikan permasalahan dalam pembangunan kota khususnya pada daerah-daerah di Sumatera. Melalui program kerja tersebut, diharapkan lulusan Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU dapat handal dalam pengelolaan pembangunan di daerah-daerah Sumatera.